Artikel

Diklat Ekonomi Produktif, Usaha Pemberdayaan Masyarakat

16 November 2021 11:17:36  Admin  274 Kali Dibaca  Berita Lokal

ngawun-parengan.desa.id

Setelah terfokus dalam penanganan Covid-19 melalui pelaksanaan vaksinasi dan penyaluran BLT DD, Pemerintah Desa Ngawun tetap berkomitmen untuk merealisasikan berbagai kegiatan pemberdayaan sebelum berakhirnya tahun anggaran 2021. 

Di bidang pertanian telah dilaksanakan kegiatan pengeboran sumur sedalam 103 meter guna pengairan lahan persawahan. Kemudian dilanjutkan dengan Kegiatan Diklat Ekonomi Produktif yang diusulkan oleh masyarakat di antaranya adalah budi daya ikan lele, pembuatan kue basah, bank sampah dan pembuatan kerajinan tangan. 

Diklat budi daya ikan lele dan pembuatan kue basah dilaksanakan pada 15 dan 16 Nopember 2021 dengan diikuti oleh 3 kelompok di hari pertama dan 30 peserta di hari kedua. Para narasumber adalah mereka yang profesional di bidangnya dan terintegrasi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi. Di antaranya adalah Wahyu Hidayat S.Pi & Zulkisam Pramudia S.Pi dari Universitas Brawijaya Malang, dan ibu Yanti dari Faresta cake & bakery Merakaurak-Tuban. 

Pasca diklat, para peserta akan menjadi anggota dari Kelompok Usaha Bersama (KUB) sesuai bidangnya dan akan mendapatkan bantuan modal peralatan dari Dana Desa agar dapat menjalankan usahanya. Kelak, KUB bertanggung jawab atas jalannya usaha & tambahan penghasilan anggotanya. Dengan bantuan BUMDes dibidang promosi dan pemasaran, diharapkan KUB dapat berkembang pesat dan menyumbangkan PAD bagi desa setelah kesejahteraan anggotanya tercapai. (rien/ngwn)

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Bojonegoro-Jatirogo Km 21 Desa Ngawun
Desa : Ngawun
Kecamatan : Parengan
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62366
Telepon : 082240595153
Email : desangawun01@gmail.com