Artikel

Deklarasi Ngawun Bebas ODF 2019

31 Oktober 2019 10:37:18  Admin  671 Kali Dibaca  Berita Desa

ngawun-parengan.desa.id

Jumlah penduduk Desa Ngawun yang BAB ditempat terbuka berjumlah lebih dari 80 KK berdasarkan catatan Kader Kesehatan Desa. Jumlah yang sangat besar ini mendorong Pemerintah Desa bekerja sama dengan Puskesmas Parengan untuk menanggulangi ODF (open Defecated Free).

Usaha ini diawali dengan stimulasi oleh Puskesmas Parengan yang memberikan wawasan dan sosialisasi betapa berbahayanya kebiasaan BAB di tempat terbuka. Stimulasi ini diselenggarakan tahun 2017 yang lalu. Hasilnya sangat menggembirakan, yakni meningkatnya kesadaran dan kemauan masyarakat untuk BAB di jamban. Mereka berlomba-lomba membangun jamban di rumahnya.

Sebagai wujud keseriusan Pemerintah Desa Ngawun, maka untuk kegiatan Perilaku Hidup Sehat dengan persetujuan BPD dialokasikanlah anggaran untuk stimulasi jamban bersih berupa buis beton, paralon, semen dan closet yang diserahkan kepada masyarakat miskin belum berjamban.

Dengan kerjasama yang baik antara Pemerintah Desa dan masyarakat, maka pada 2019 pertengahan digelarlah deklarasi Ngawun Bebas ODF  bersama Puskesmas Parengan. Hal ini menandai zero BAB terbuka dan masyarakat sudah semakin sehat. (riens/ngwn).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Bojonegoro-Jatirogo Km 21 Desa Ngawun
Desa : Ngawun
Kecamatan : Parengan
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62366
Telepon : 082240595153
Email : desangawun01@gmail.com