Artikel

Menuju Desa Tangguh Bencana, Damkar Tuban Berbagi Ilmunya

08 September 2022 13:58:21  Admin  361 Kali Dibaca  Berita Lokal

www.ngawun-parengan.desa.id 

Musibah kebakaran sudah terjadi 3x dalam 10 tahun terakhir di Desa Ngawun Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Faktor kelalaian menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran. Kerugian material tak dapat dihindarkan. Berangkat dari pengalaman tersebut, melalui musyawarah desa pihak Pemerintah Desa menawarkan sebuah inovasi pencegahan musibah kebakaran. Masyarakat menyambut baik usulan tersebut dan bersedia ikut berperan aktif dalam kegiatan pencegahan ini. 

Inovasi ini disambut baik oleh Satpol PP Tuban dengan mendatangkan Tim Damkar pada  Kamis, 8 September 2022 ke Desa Ngawun guna melakukan sosialisasi pencegahan dan penanganan kebakaran. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Satpol PP & Tim Damkar Tuban, Camat Parengan, Sekcam Parengan, Satpol PP Parengan, Kepala Desa, Ketua BPD, Perangkat Desa, anggota BPD, Ketua RT, RW, Ketua HIPPAM, serta tokoh masyarakat lainnya. 

Melalui sosialisasi ini disampaikan secara teori teknik memadamkan api mulai dari yang sederhana memakai kain/goni basah, memakai APAR dan menggunakan Hidrant Pillar / mobil damkar. Tak hanya teori saja, Tim Damkar juga mengajak semua tamu undangan untuk ikut mencoba praktik langsung teknik-teknik tersebut. 

Pemerintah meninjaklanjuti kegiatan ini dengan menganggarkan 3 unit hidrant pillar beserta kelengkapannya dari Dana Desa, mengingat sumber air HIPPAM sangat memadai serta membentuk relawan. Sementara Tim Damkar Tuban juga mengapresiasi Desa Ngawun sebagai Desa Tangguh Bencana Kebakaran, yang merupakan satu-satunya desa di Kabupaten Tuban yang memiliki sumber daya sendiri untuk menanggulangi musibah kebakaran. 

Meskipun demikian, semua pihak berharap musibah kebakaran tidak akan terjadi lagi di Desa Ngawun. Tapi setidaknya, payung sudah disediakan sebelum hujan sehingga tidak terlalu berbasah-basahan, dan tidak terlalu banyak muncul angka kerugian. (rien/ngwn) 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Bojonegoro-Jatirogo Km 21 Desa Ngawun
Desa : Ngawun
Kecamatan : Parengan
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62366
Telepon : 082240595153
Email : desangawun01@gmail.com